Wednesday, September 2, 2009

Jeruk Pontianak = Jeruk Sambas


Anda pasti tahu dengan Jeruk Pontianak... Ternyata jeruk Pontianak bukanlah Jeruk yang berasal dari Pontianak. Lalu mengapa dinamakan jeruk Pontianak?

Jeruk Pontianak yang sering kita dengar ternyata berasal dari Tebas, Kab. Sambas. Mungkin karena agar mudah diingat, dinamakanlah Jeruk Pontianak.

Pada masa tahun 90an, jeruk Pontianak mencapai masa kejayaannya. Karena sangat melimpahnya hasil panen jeruk pada saat itu, harga pun menjadi anjlok drastis. Petani pun mengalami masalah dalam menjual hasil panen mereka, sebab para penyalur disribusi pemasaran jeruk tidak ada yang berani untuk menampung / membeli jeruk petani dikarenakan masalah harga tersebut.

Akhirnya,jeruk sambas di monopoli oleh BMC, perusahaan milik keluarga Soeharto pada masa itu.

Namun kini, jeruk sambas kembali bangkit. Sejak tahun 2000, tanaman jeruk kembali menghijau. Areal kebun pertanaman jeruk di Kabupaten Sambas sebagian besar berupa hamparan. Sebelum ini, pola penyebaran pertanaman jeruk terpencar. Namun demikian, adanya program rehabilitasi telah mengubah pola pertanaman menjadi lebih terkonsolidasi dalam satu kawasan.Sebagian besar dari kebun yang ada saat ini merupakan kebun jeruk rakyat yang dimiliki oleh petani ataupun kelompok tani. Sebagian kecil diantaranya termasuk kebun yang dimiliki oleh perusahaan swasta.

Perusahaan swasta yang telah mengembangkan kebun jeruk di Kabupaten Sambas diantaranya adalah PT. Mitra Jeruk Lestari (MJL) dan PT. Mitra Rimba Kalimantan Agro (MRKA atau SMA). Kedua perusahaan tersebut berlokasi di Kecamatan Tebas
.

PT. Mitra Jeruk Lestari merupakan salah satu swasta yang mengembangkan industri tolahan dalam skala menengah. Selain itu, juga terdapat beberapa industri minuman berbahan baku jeruk yang berskala rumah tangga.



Jika anda berkunjung ke Sambas, Jangan lupa untuk merasakan Jeruk Sambas.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com