Friday, November 13, 2009

Bubur Pedas





Jika kita berkunjung ke Kalbar,tidak syah rasanya jika tidak mencicipi makanan khas dari daerah Sambas yang terkenal itu,yaitu BUBUR PEDAS ..mmm..mmm..enak sekali!!! apalagi bagi yang menyukai sayuran pasti akan rindu dan rindu masakan ini lagi. Tetapi agak sulit menemukan menu bubur pedas di Pontianak,saya pun kurang mengerti kenapa makanan seenak dan mengandung banyak gizi ini seolah kalah dengan makanan2 lain sejenis seperti bakso, atau bakmi???




Mendengar Bubur Pedas, yang terbayang adalah bubur yang pasti rasanya sangat pedas.. Sebenarnya, Bubur Pedas hanya istilah makanan khas dari Sambas yang terbuat dari aneka macam sayuran tradisional seperti Pakis, Daun Kunyit, Daun Kesum ( semacam kemangi ), Kacang Panjang, hingga pelengkapnya seperti Teri, Kacang tanah, dsb.

Bubur Pedas berbahan dasar Beras yang digoreng tanpa minyak,dan dihaluskan kemudian di campur kelapa yang diparut, kemudian ditumbuk halus jadi satu, kemudian di campur dengan sayur-sayuran ‘wajib’ Bubur Pedas.

Jika anda berkunjung ke Sambas, Jangan lupa untuk mencicipi Bubur Pedas. Karena ada pepatah Sambas yang mengatakan Anda belum ke Sambas bila anda belum mencicipi Bubur Pedas.

Jelaslah bahwa Bubur Pedas Bubur menjadi salah satu ‘icon’ Sambas, karena sesungguhnya Bubur Pedas adalah makanan khas dari Sambas.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com