Tuesday, September 1, 2009

Bubur Pedas Sambas diklaim Malaysia

Mendengar Bubur Pedas, yang terbayang adalah bubur yang pasti rasanya sangat pedas.. Sebenarnya, Bubur Pedas hanya istilah makanan khas dari Sambas yang terbuat dari aneka macam sayuran tradisional seperti Pakis, Daun Kunyit, Daun Kesum ( semacam kemangi ), Kacang Panjang, hingga pelengkapnya seperti Teri, Kacang tanah, dsb.

Bubur Pedas berbahan dasar Beras yang digoreng tanpa minyak,dan dihaluskan kemudian di campur kelapa yang diparut, kemudian ditumbuk halus jadi satu, kemudian di campur dengan sayur-sayuran ‘wajib’ Bubur Pedas.

Jika anda berkunjung ke Sambas, Jangan lupa untuk mencicipi Bubur Pedas. Karena ada pepatah Sambas yang mengatakan Anda belum ke Sambas bila anda belum mencicipi Bubur Pedas.

Jelaslah bahwa Bubur Pedas Bubur menjadi salah satu ‘icon’ Sambas, karena sesungguhnya Bubur Pedas adalah makanan khas dari Sambas.

Namun akhir-akhir ini sering terdengar klaim-klaim budaya / karya Indonesia yang diklaim Malaysia. Dan sungguh mengejutkan, ternyata Bubur Pedas termasuk dalam salah satu karya ( masakan ) yang diklaim Malaysia….

Sungguh menyedihkan….

Apa yang akan kita lakukan untuk tetap mempertahankan Bubur Pedas???

1 comments:

Welcome said...

Semua malausia mau klaim budaya Indonesia habis malaysia tu punyanya apa..?

Template by : kendhin x-template.blogspot.com